Rabu, 05 April 2017

Insiden Telo, Keracunan atau Serangan Panik?

Aku baru aja mengalami pengalaman buruk. Baru pertama kali aku ngerasain. Aaaakk serem banget.

Pernah denger kalau ubi atau telo mempunyai kandungan zat racun?

Jadi ceritanya,

kemarin sore aku pengen masak kolak ubi karena kebetulan aku punya stok ubi yang lumayan banyak. Ubi yang aku masak adalah ubi jalar. Kulitnya berwarna ungu dan bagian dalemnya warna putih cenderung kuning.


sumber: ibudanmama.com

Ubi jalar ini enak banget kalau dikukus atau dibakar karena rasanya manis. Karena aku pengen nyoba masak kolak dan bahannya cuma ada telo ini, yaudah aku olah aja daripada cuma dikukus doang.

Sebelum masak aku nggak kepikiran telpon ibu atau sekedar gugling resep kolak di internet. Batinku, ah masak kolak kan cuma ini itu aja gampang wes, pikirku ya gitu.

Akhirnya aku siapin ubinya, aku kupas sampai bersih ubi jalarnya dan langsung dipotong-potong. Memang sih waktu itu ada beberapa bagian ubi yang udah aku kupas dan potong tiba-tiba keluar warna item-item. Karena aku pikir itu cuma kotoran yang nempel dari tanganku, yaudah aku kupas lagi sampai warna item-itemnya ilang selanjutnya direndem air dan dicuci bersih.

Saat ubi dicuci aku merasa tanganku agak lengket, ubi jalar ini bergetah rupanya. Pikirku sih wajar-wajar aja deh ubi jalar agak bergetah gitu. Lanjut aja setelah ubi dibersihkan, aku siapin panci buat merebus.

Nah, mulai dari sini insiden telo itu terjadi.

Sambil nunggu ubi masak, aku nunggu santai-santai di kamar. Tapi tiba-tiba muncul bau yang mencurigakan. Baunya mirip karet kebakar dan itu parah banget! Buru-buru aku cek ke dapur, ternyata baunya berasal dari rebusan ubi itu tadi. Cepet-cepet aku matiin kompor dan buka pintu biar udara segar bisa masuk rumah.


Seketika itu aku kliyengan, pusing, sesak nggak karuan. Duh, aku keracunan nih, pikirku. Agak panik, aku cari dan pakai masker respirator yang ada di laci kamar dan lari ke dapur lagi buat ngeluarin rebusan ubi itu keluar rumah. Wes, sampe situ aku nggak berani masuk rumah lagi karena baunya belum ilang.

Di teras rumah sambil nahan sesak napas, aku telpon suami minta pulang seketika itu juga. Alhamdulillah, posisi suami lagi stay di kantor, nggak bisa mbayangin deh kalau suami lagi nggak stay di kantor. 10 menit kemudian suami pulang ke rumah dan aku ceritain semuanya, tanganku masih gemeteran coooy.

Akhirnya suami masuk ke rumah dan ngecek semuanya, baunya masih belum ilang ternyata. Aku serahin maskerku buat dia. Ruangan yang kena bau paling parah ada di kamar belakang dan kamar mandi. Suamiku langsung nyalain kipas angin buat netralisir udara ruangan. Berhubung kontrakanku kecil, jadi ya bau kayak gitu lama ilangnya walaupun pintu dan jendela udah di buka.

Ubi yang masih dipanci langsung aku buang ke tempat sampah. Jadi dari semua potongan ubi itu, ada beberapa ubi yang warnanya berubah jadi coklat. Kayaknya itu ubi yang walaupun udah dikupas sampai bersih tapi masih keluar item-itemnyaaa deh.

Setelah dirasa aman, suami pamit balik kantor lagi. Ampuuuun... selama lebih dari satu jam nggak berani masuk rumah. Cuma duduk di teras sambil mencoba menghirup udara segar banyak-banyak.

Kalau gitu, apa ada yang tau cara mengolah ubi jalar dengan benar? Apakah ubi jalar jenis itu nggak bisa dimasak sembarangan dengan cara direbus? Apakah caraku salah dalam mengolah ubi jalar? Karena sampai sekarang masih parno kalau mau masak ubi lagi. Hiks.

Kalau kata suami sih, aku kena panic attack jadi sesak napas. Tapi aku nggak ngerasa gitu deh. Aaaaduuh... aku beneran keracunan atau kena panic attack nih??!

Share dooong~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar