Minggu, 31 Mei 2015

Dadi Manten: Survey Venue aka Gedung Manten

Alhamdulillah, setelah bingung nge-pasin tanggal nikah akhirnya dapet juga tanggal yang oke, menurut keluarga kami semua tanggal bagus kok. Dicari pasnya adalah saat semua keluarga bisa dateng semua, nge-pasin cuti  kerja, nge-pasin libur, nge-pasin jadwal keluarga yang harus jauh-jauh hari pesen tiket buat memberikan waktu untuk datang di pernikahan kami.



Namanya keluarga besar pasti dong, ada om-tante-budhe-pakdhe yang rumahnya di luar kota. Mereka harus nge-pasin jadwal buat menyempatkan datang ke hari istimewa kami. Yah, apalagi cami aka calon suami kerja disalah satu bank BUMN yang jelas nggak bisa asal ijin. Pokoknya semuanya harus direncakan secara matang! ><

Naah, setelah dapet tanggal nikah urutan pertama yang harus dipersiapkan adalah: besok mau nikah dimana?
Mau di rumah atau mau di gedung? Mau indoor atau outdoor?

Udah mantep dari awal keluargaku pengennya ngadain acara di gedung aja. Pertimbangannya adalah nggak mau ribet ngadain akad dan resepsi di rumah. Maunya rumah itu untuk istirahat dan kumpul bareng keluarga, nggak mau repot bersih-bersih dekor sana-sini. Pengennya acara dibuat sehari aja, pagi akad siang resepsi lalu selesai. Cukup sehari aja yang repot. Gimana dengan cami? Aku lihat mungkin pertamanya agak kaget ya karena kok di gedung gak di rumah aja, tapi dengan pertimbangan tadi yaudah deh manut aja gitu, hehe...

Lalu, perburuan gedung manten pun dimulai! Mulai dari yang deket-deket rumah dulu...

1. Gedung Wismakagama UGM

Gedung Wismakagama ini merupakan pertimbangan pertama sebagai venue nikahanku, karena lokasi deket banget sama rumahku, jalan kaki aja nyampe gitu istilahnya, haha
Lokasinya pas di utara bunderan UGM, strategis dan muat kapasitas tamu kurang lebih 500 undangan. Tapi ternyata oh ternyata out off budget dan banyak printilan apalah-apalah yang harus ditambah. Ah, yowes di skip!


2. Gedung Grha Sabha Pramana UGM

Sekalian jalan gitu ceritanya bablas ke sini, gedungnya guedee jelass, megah jelasss, tapi ya jelas banget harganya uwow marakke semaput. Mlipir alus lah, aku udu anak pejabat ra kuat mbayar GSP nggo gedung mantenan.


3. Multi Purpose UIN Sunan Kalijaga

Sebagai alumni dari kampus yang katanya putih ini gedung Multi Purpose ini merupakan salah satu best venue for wedding! Tempatnya luasss, nampung kapasitas lebih dari 1000 undangan juga bisa. Ya bisalah wong buat wisuda juga disini.
Setelah tanya sama petugasnya, ternyata gedung ini udah full sampe akhir tahun! Aaaaaaakkkk! Gilak banget! Yaiyalah, gedung gede dengan harga terjangkau ya jelas aja udah full. Sayangnya, nggak ada diskon buat alumni. Iseng nanya kok bisa full sampe akhir tahun, ternyata para calon pengantin udah booking setahun sebelum hari H.
Wah, yo jelas aku kalah cepet. Yowes skip meneh, golek liyane!


4. Gedung Wanabhaktiyasa

Ini merupakan gedung alternatif dari Kagama kalo nggak jadi disana, lokasinya samping GOR Among Rogo. Bentuknya joglo luaaaaas sekalii. Udah dua orang saudaraku yang nikah disana. Tempatnya luas dan nyaman. Setelah tanya-tanya, hasilnya mengecewakan karena per Januari 2015 gedung ini udah nggak disewakan lagi untuk event pernikahan, karena akan digunakan sebagai tempat latihan KONI. Yowes rapopo.


5. Gedung Wanitatama

Lokasinya di Jl. Solo samping UIN persis, depan De Britto. Yaaa kesana iseng-iseng nanya, ternyata harganya mehong juga ya dengan kapasitas kurang lebih 300 undangan. Belum lagi susahnya tempat parkir. Tahu sendirilah, tiap ada yang ngadain manten disini pasti susah cari parkir dan muacettnya Masya Allah... Coret lagi dah.


6. Pendopo Suryo Puri

Lokasinya di Jl. Kadipaten No.103, daerah disekitar Ngasem.



Sesungguhnya aku dan keluargaku jatuh cinta banget sama tempat ini! Bentuknya pendopo jowo banget, penuh ukiran kayu, tempatnya bersih, ruang riasnya kinclong, full AC, ownernya Eyang-Eyang yang ramah, dan harganya murah! Minimal 6 juta aja lho kamu udah bisa nyewa Pendopo Suryo Puri include dekor bunga segar di pelaminan!
Opo ora kesengsem kowe??? Hmmm...


Tapi kita belum jodoh, minusnya adalah susahya lahan parkir disana, jauh dari rumah,  dan akses lokasinya yang bikin bingung orang luar kota. Ntar kalo udah mutung gak nemu gedungnya malah pada ngacir ke Malioboro...
Ah, sudahlah, coret, skip.


7. Ndalem Ngabean




Lokasinya di Jl. Ngadisuryan No. 6 Kraton. Yup, masuk area Kraton. Seru banget ini tempatnya pendopo gitu, ciamik lah pokoknya! Tapi ya kembali dicoret karena jauh dari rumah dan lokasinya yang njlimet.


8. Gedung Pertemuan Sido Mukti

Lokasinya di Jl. Nogosari Kidul No. 9. Ya masih daerah-daerah Ngabean dan disekitarnya. Ternyata gedungnya kecil dan kalau mau make gedung itu harus satu paket. Gedung, catering, rias harus dari Sido Mukti. Kalo nggak mau repot ngurusin nikahan, Sido Mukti ini bisa jadi pilihan, tapi aku lebih suka cari vendor sendiri-sendiri. Nggak banyak tanya langsung bye!


9. Museum Diponegoro




Pasti sering dong tahu Museum Diponegoro ini dijadikan gedung manten. Yup, atas rekomendasi beberapa orang, daku survey juga kesini. Tempatnya luas, silir karena bentuknya pendopo  gitu. Harga sewanya cocok di kantong tapi sayangnya jauh dari rumah. Coret lagi.


10. Gedung Balai Pamungkas

Wahahahaaaa.... sebenernya ini alternatif venue terakhir tapi malah jadi pilihan. Awalnya nggak mau pake Balai Pamungkas karena khawatir kalo terlalu kecil untuk kurang lebih 500 undangan, tapi karena lokasinya deket banget sama rumah dan dulu tanteku pernah nikah disana, akhirnya yaudah deh fix mantep nikah di Gedung Balai Pamungkas depan stadion Kridosono Kota Baru.
Tapi ya resikonya tanggal nikah yang udah ditentuin akhirnya mundur 1 bulan karena udah full juga.
Ambil positifnya, Gedung Balai Pamungkas harganya ramah di kantong, deket banget sama rumahku, parkir gampang, lokasi strategis banget.
Capcus, langsung DP!
*fyi, Balai Pamungkas bisa untuk kapasitas 600 undangan



Yak, akhirnya gedung manten udah dapet, selanjutnya prepare yang lain! Yeay!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar