Minggu, 31 Juli 2016

CERIA: Cerita Lebaran Asyik | Cieee~ Lebaran Di Rumah Mertua~

Assalamu'alaikum....




Mumpung masih bulan Syawal nggak lupa aku ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Alhamdulillah yah, tahun ini pun Allah masih ngasih kesempatan untuk kita ketemu lagi di bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Semoga tahun depan kita masih bisa bertemu lagi dengan hari fitri kembali, Insha Allah, Amiiin...

Dari kecil sampai tahun kemarin, yang namanya lebaran tuh ya pasti kumpul sama keluarga besar. Karena keluarga besar orang asli Jogja semua dan mereka tinggal tetap di Jogja, jadi aku nggak pernah ngerasain namanya mudik.

Tiap tahun kalau udah masuk bulan Ramadan pasti sering banget lihat status temen yang selalu bilang "Hore! Mudik!" "Wah, macet..." atau "Wah, kudu hemat buat beli tiket mudik!" ituu... kadang bikin envy yak. Dalam hati bilang "Wih, asyik ya mudik. Kek gimana rasanya mudik ya?"

Hmmm...

Gimana mau ikutan mudik? Lha wong keluarga besar orang Jogja semua, dan kalau kumpul justru Aku, orang tuaku -Bapak yang anak paling tua-, dan Simbah jadi tuan rumah sekaligus penyelenggara acara makan-makan besar.

Jadi bayangkanlah, tiap lebaran kami di rumah H-1 sibuk masak besar koyo duwe gawe, mulai masak ketupat, opor ayam, sambel goreng, kering kentang, goreng kerupuk, dan menu khas wajib ada yaitu sayur brongkos!

Itu semua hanya dimasak oleh aku, Ibu, Bapak, dan Mbah Uti aja. Porsi makanan yang dimasak 1 menu untuk 50 orang lebih. FYI, Mbah Uti anaknya banyak ada 9, kalau kumpul sama cucu-cucunya ya sekitar 50 orang tumplek blek di rumah Simbah semua. Jadi dipastikan saat hari H, badan udah tepar bawaannya pengen molor. Fyuuh~~~

Eh, dari jaman dulu tugas ngisi ketupat tuh aku lho! *bangga*

Sampai akhirnya tahun ini, aku pensiun dari dinas ngisi ketupat, karena lebaranku tahun ini pindah di rumah mertua! Jeng jeng! *zoom in zoom out*

tahun lalu doanya begini, sekarang beneran!


Yuhuuuuw~~~

Setelah nikah bulan November tahun lalu, akhirnya tahun ini aku nggak merayakan lebaran di rumah orang tuaku lagi, ortuku nambah lagi, orangtua suami: mertua.

Tahun ini udah nggak penasaran lagi sama yang namanya mudik, karena emang beneran mudik itu seru! Mulai dari berburu tiket mudik dari jauh-jauh bulan sampe ternyata salah beli tiket dan panik kemudian *kruwes-kruwes suami*

Jadi begini ceritanya, aku dan suami rencana pulang ke Jogja dari Surabaya naik kereta. Untuk keberangkatan ke Jogja sih aman sentosa karena tanggalnya udah bener dan tinggal berangkat aja tapi ternyata untuk tiket balik ke Surabaya-nya salah tujuan pemirsa! Harusnya dari stasiun YK ke stasiun Gubeng, lha kok yang kebeli malah dari stasiun gubeng tujuan YK lagi. Ha pieee siiih?!



Parahnya baru ngeh kalau salah beli itu posisi udah H-2 dari keberangkatan mudik. Akhirnya, saat itu juga langsung cari tiket balik ke Surabaya lagi, dan cuma dapet 1 kursi aja -itu pun mehong- otomatis tu kursi buat suami karena dia harus masuk kerja. Aku? Yaaa nyusul beberapa hari kemudian dengan tiket kereta yang harganya udah normal, sementara tiket yang salah dibatalin dan nunggu refund sebulan #tetepsabarnungguduit #nunggumurah #gakmaukrugi

Haha... jadi tau rasanya perjuangan untuk bisa dapetin tiket mudik.

Tanggal 01 Juli akhirnya kita mudik, berangkat dari stasiun Gubeng Surabaya menuju kota Jogjakarta. Yipiii! 

Nah, ini dia suasana yang nggak pernah aku tahu, menjelang mudik gini ternyata stasiun rame yaaaaa~~~ Muka gueeeeh exciting banget, senyam-senyum sendiri sambil ngeliatin orang-orang bawa oleh-oleh segambreng. Aku suka suasananya, orang-orang keliatan happy! Mereka berharap bisa segera ketemu dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Indaaaaah~~~

suasana mudik di stasiun Gubeng

Sampai di Jogja, kita pulang ke rumah orangtuaku dulu baru H-2 lebaran mudik lagi ke rumah mertua.

Rumah mertua ada di Kabupaten Semarang, dibilang masuk Salatiga enggak juga, tapi deket Semarang juga enggak. Ini karena rumahnya dijalan antar propinsi Jawa Tengah. Untuk selanjutnya biar lebih gampang aku sebut Salatiga aja lah ya.

Karena ini pengalaman pertama lebaran di rumah mertua..... deg-degan? Pasti! *elap keringet dingin*



Kami berangkat ke Salatiga bersama tiga kakak ipar dan satu ponakan, anak dari kakak ipar nomer satu. Kami naik dua mobil karena rencananya balik ke Jogja sendiri-sendiri.

Berhubung ini lebaran pertamaku di rumah mertua, jadi jujur aja sih agak-agak kagok gimanaaaa gitu yaaa rasanyaaaaa...

H-1 kami berangkat ke Semarang, silaturahmi ke rumah Mbah Putri-nya suami. Aku pernah beberapa kali kesana, tapi ini baru pertama kali rame-rame dateng ke rumah Mbah Putri bareng keluarga yang lain.

pulang dari Semarang, muka udah kuceel

Nah, tibalah saat lebaran! Semuanya berbeda, beda dengan kebiasaan keluargaku di Jogja. Mulai dari sholat Ied, syawalan aka muter ke tetangga dan saudara dan lainnya.

Karena biasanya aku sholat di lapangan sekolah deket rumah, tahun ini beda. Kami sekeluarga sholat di masjid samping rumah. Kebetulan samping rumah mertua adalah pondok pesantren jadi kami menunaikan sholat Ied disana.

yak! selpi duluk! Cekrek!


Selepas sholat Ied ternyata disini ada kebiasaan muter salam-salaman dulu di masjid, bergantian. Seru!

Setelah sholat Ied aku diajak untuk nyekar kedua makam keluarga, karena belum terbiasa rasanya kikuk. Aku cuma diam dan memperhatikan.



Selanjutnya adalah sungkeman...

Momen paling nggak bisa diungkapkan dalam kata-kata, aku cuma bisa nangis sambil sungkem.

Momen minta maaf dengan mertua dan kakak-kakak ipar dan selain itu karena tiba-tiba aku inget Bapak Ibukku di rumah...

Bapak Ibu, anak wedokmu nggak lebaran dirumahmu lagi....

Rasanya numpuk antara seneng, terharu, sedih, kangen dari seorang anak perempuan yang sekarang sudah menikah dan harus ikut ke rumah suaminya. Mengabdikan seumur hidupnya untuk suaminya dan juga orangtuanya...

Doain terus anakmu ini ya semoga bisa jadi istri sholehah, Amiiin....



Demi menjaga fisik dan hati supaya tetep setrong, mari kita ngobrolin menu khas lebaran aja yak! 

Mama mertua masaknya enak-enak lho! Selain ketupat, opor ayam, sambal krecek, kering kentang, dan rendang. Ada yang spesial di menu meja makan. Nama makanannya Burasa.

Kata Mama mertua Burasa itu makanan khas Makassar, nasi yang dibungkus daun pisang. bentuknya kayak lepet/naga sari tapi rasanya gurih. Mirip arem-arem tapi nggak pake isian. Aduh, sayangnya aku nggak sempet jepret makanannya. Dimakan pake opor atau apapun itu tetep rasanya MANTHAAAPP!!!




Ada lagi yang beda, di Salatiga tiap selesai sholat dan sarapan biasanya mereka maaf-maafan keliling muter kampung, dateng ke rumah-rumah saudara yang tertua dan ke rumah-rumah tetangga.

Paling asyik nih, bisa icip-icip suguhannya. Tiap rumah beda-beda, punya menu khas sendiri-sendiri jadi beneran kenyang asyik kan?! Hehe...

Oya, siangnya aku dapet kejutan! Bapak Ibu dan adekku dateng ke rumah Mama mertua di Salatiga! Kebetulan adekku lagi libur kerja jadi bisa nganterin mereka kesana. Yeay! Seeeneeeng!!!


Alhamdulillah, lebaran tahun ini sangat-sangat-sangat berkesan dan berbeda dari tahun kemarin, setidaknya aku jadi punya pengalaman baru dan lebaranku nggak monoton lagi, hihihi...


Kalau lebaran kamu gimana?


Ssssstt... buat kalian semua jangan lupa ada event seru buat kamu-kamu para muslimah kece lho! Event ini diadakan oleh Diaryhijaber, nama acaranya yaitu Hari Hijaber Nasional.
Acara ini diadain tanggal 07 Agustus 2016 - 08 Agustus 2016 dan bertempat di Masjid  Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.




Biar diisi artis-artis keren, tapi acaranya FREE alias gratis! Pastinya disana ada banyak acara menarik lho! Yuk dateng dan jangan lupa ajak temen-temen kamu ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar