Selasa, 26 Januari 2010

Laporan: Lecturing on Trip Communicology #2 Jakarta

Tanggal 19-22 Januari 2010 kemarin kami temen-temen komunikasi UIN SUKA utamanya angkatan 2008, semeser 3 prodi komunikasi ngadain studi banding di Jakarta. Jadwal kunjungannya ke
Matari Advertising, Intermatrix Pubic Relations, Trans TV, UI tanpa N alias Universitas Indonesia, dan yang terakhir ke Bandung untuk nyari oleh-oleh.
           Selasa, 19 Januari 2010, kira-kira jam 14.30 kami berangkat dari depan poliklinik UIN naik bus untuk pergi ke Jakarta melewati acara pelepasan dengan potong pita, potong kue, dan tiup lilin oleh kepala prodi. Hehe..nggak ding, bercanda! Acara pelepasannya cuma diisi pesan-pesan dan wejangan dari kepala prodi komunikasi kok supaya hati-hati di jalan dan jaga kelakuan, standar laaaah... Sebelumnya waktu TM sebenarnya kami udah dikasih wejangan dari salah satu dosen juga, pesennya : JANGAN NORAK PAS SAMPE JAKARTA!!! BOLEH KAGUM ASAL JANGAN GUMUNAN!!! Hehehe... Mak jleb banget tuh pesen! Kesannya anak-anak UIN katrok, ndeso padahal nggak semua gitu deh...
         Kami nyewa dua bus, yang satu bis pariwisata dan yang satu lagi busnya UIN. Haha..kirain UIN gak punya bus, ternyata punya to? Yah, lumayanlah walau tuh bus kliatan ringkih tapi ternyata kuat juga bisa buat perjalanan jauh ke Jakarta dengan daya tampung penumpang yang minimalis. Biar gak iri, panitia ngatur siapa yang kebagian jatah berangkat pake bus gede dan bus kecil, ntar pulangnya juga gitu, gantian semua dapet jatah bagian bus besar dan kecil. Pas berangkat aku dapet bagian di bus besar/pariwisata, tahu sendirilah ntar aku pulangnya pake bus apa, yang kecillah!
        Aku duduk di kursi nomor dua belakang supir, pas diatas ban! Padahal rencana gak mau duduk diatas ban, soalnya gak nyaman kerasa gruduk-gruduk kalo lewat jalan yang gak rata. Karena cuma kursi itu yang tersisa maka terpaksa aku duduk disitu. Sialnya, berhubung kursi yang double dah penuh, akhirnya dapetnya yang triple, duduk bertiga! Untuk kali ini aku lumayan beruntung, dapet deh kursi yang deket jendela! Huahahaha... amaaaan....
        Yah, kayak tour lainnya suasana didalam bus bener-bener rame, tapi cuma dibagian belakang aja yang rame soalnya diisi sama anak-anak cowok yang tingkahnya begajulan, sedangkan bagian kursi yang didepan diisi sama anak-anak cewek yang suka mabuk perjalanan! Nah, sial lagi tuh....aku dapet satu kursi sama temen yang mabukkan kalo dijalan, sepanjang perjalanan ke ke Jakarta dia pake jaket dua, mukanya ditutupin pake slayer, trus pake minyak kayu putih mulu. Walah-walah, udah prepare segitunya, niat banget bawa jaket dua! Dia sepanjang jalan kerjaannya cuma dieeeeeeeeeemmmmm aja, diajak ngobrol gak nyahut dikasih snack makannya dikit, yang banyak cuma tidurnya doank. Meeeelaaaaasss banget mukanya...
       Tiga jam perjalanan dari Jogja sampe ke Gombong jam 18.00 kami berhenti istirahat makan malam dan sholat maghrib di rumah makan yang pemandangannnya....ueedaaan...keren mampus! Namanya Sari Bahari, ada gazebo yang punya pemandangan areal persawahan dan perbukitan, hijau semuanya, ada lagi yang manarik yaitu kabut-kabut yang turun yang bikin udara jadi dingin. Beneran nggak bisa diungkapin pake kata-kata! Keeeeerrrreeeeeen!! Sayang, aku gak bawa kamera, ntar deh aku comot dari pesbuk temen foto-foto yang ada aku upload disini.
        Jam 19.00 setelah ishoma kami mulai bergerak lagi menuju Ibu Kota. Setelah berhenti beberapa kali di pom bensin untuk istirahat, akhirnya kami sampai di Jakarta jam 05.00 pagi, jam segitu Jakarta masih sepi. Lampu-lampu jalan masih nyala dan hanya sedikit terlihat mobil yang lewat, kalaupun lewat pasti ngebut.
      Penginapan kami ada di daerah Kuningan, bener-bener tempat yang strategis. Nama penginapannya Wisma Wisata Mahasiswa. Sampai disana kami belum bisa memakai kamar, soalnya masih dipakai rombongan lain. Akhirnya kami dikasih aula untuk transit, sholat, mandi dan leha-leha. Baru kira-kira jam 06.30 kami diberi kunci kamar, masing-masing kamar diisi enam orang. Kondisi kamar waktu masuk kotor banget! Maklum, seharusnya kami baru bisa masuk jam 08.00 pagi setelah petugas bersih-bersih kamar. Tapi karena rombongan sebelumnya udah keluar duluan kira-kira jam 06.00 dan jam 7.30 kita harus berangkat ke Intermatrix, maka kamar yang kotor itu pun terpaksa kita pakai.
        Rombongan lecturing on trip dibagi menjadi dua peminat, yang pertama peminat Public Relations, dan yang kedua peminat Advertising. Untuk yang PR tujuan kunjungannya ke Intermatrix Public Relations, sedangkan peminat Advertising tujuan kunjungannya ke Matari Advertising. Pagi itu yang harus berangkat kunjungan duluan adalah rombongan PR, jam 06.30-07.00 sarapan trus langsung berangkat ke Intermatrix. Nggak ada waktu buat tidur, karena langsung kegiatan lagi. Kalo aku sih minat advertising, jadi buat rombongan advert masih bisa istirahat tidur sampai jam 12.00 soalnya jadwal kunjungannya jam 14.00.
         Berhubung aku peminat advert dan kunjungannya ke Matari, jadi aku bisa sedikit cerita pengalamanku di Matari. Jam 13.00 kami rombongan advert berangkat dari penginapan ke Matari, saat itulah aku bisa lihat jalanan Jakarta yang macet! Akses ke Matari yang harusnya hanya 15 menit perjalanan karena macet ditempuh kira-kira 30 menit. Jadi, kira-kira jam 13.30 kami sampai digedung Matari yang lokasinya masih di Kuningan dan nggak jauh dari penginapan. Disana kami disambut pake acara organ tunggal trus ketua rombongannya dikasih kalung bunga, serasa di pantai gitu deh..... Nggak lah, bercanda...
         Rombongan kami didampingi mas Affandi dan mr. X (aku gak tahu namanya siapa), dosen malah nggak ada yang mendampingi kami, rada kesel juga sih sebenarnya, dua dosen pembimbing malah ikut sama rombongan PR, padahal salah satu dosen pembimbing itu adalah dosen adv. Kalo mas Fandi, dulu dia pernah magang di Matari, jadi dia bisa mendampingi kami.
        Sampai digedung Matari kami dipersilakan masuk keruang teaterikal, acara dimulai jam 14.00 disana kami disambut dengan ramah dan langsung menuju topik pembahasan yang dibawain sama mas Yomi. Introductions kira-kira berlangsung selama satu setengah jam, pemutaran iklan-iklan pemenang festival iklan yang ada dari beberapa negara, tentang iklan yang dibuat sama Matari, iklan plagiat contohnya iklan Tori-Tori, tapi aku udah tahu itu iklan jiplakan Jepang dari Kaskus. Tapi yang paling banyak ngomongin iklan rokok.
Selain itu mas Yomi pesen sebagai mahasiswa kita harus sering-sering ikut festival iklan atau lomba-lomba iklan kayak Pinasthika (Jogja), atau Citra Pariwara (Jakarta) biar punya portfolio, ntar kalo punya karya bisa gampang cari tempat magang buat tugas akhir. Baru deh setengah jam kemudian diisi tanya-jawab, banyak juga sih temen yang tanya.
          Kemarin aku tanya sama mas Yomi gimana cara bikin iklan yang jujur. Kita tahu sendirilah namanya iklan pasti kan berlebihan, lebay. Mas Yomi jawabnya kalo bikin iklan harus lihat realitas disekitar kita atau pengalaman diri sendiri. Kalo menurutku sih namanya iklan gak bisa 100% jujur, tetep aja lebay... makanya itu dari sekarang mesti belajar lebay...hehe...
         Ada hal yang lucu atau lebih tepatnya kasihan lihat ekspresi mas Yomi waktu pemberian materi, pas ngomongin masalah iklan rokok Mild Rvolution. Mas Yomi ngomongin masalah revolusi yang mesti dilakukan oleh tiap-tiap orang biar maju.
         Nah, mas Yomi kasih contoh tentang kampusku, “....UIN juga berevolusi kan? Dulu mungkin fakultasnya agama semua, sekarang ada fakultas umum/sosial. Gedung-gedungnya juga baru kan?....”.
         Dengan semangat 45 temen-temen nambahin, “Iya, punya masjid baru, baru dibangun, gedungnya jadi bagus-bagus...”.
        Setelah temen-temen selesai bicara dan suasanya saat itu diam, ada salah satu teman yang nyeletuk dengan nada melas, “Iya mas, gedungnya dibangun baru soalnya dulu kena gempa, ambruk...” .
          Deg, seketika ekspresi wajah mas Yomi berubah, yang tadinya cerah ceria senyum selalu tiba-tiba sedih, ngerasa bersalah banget ngomongin masalah itu, dan dia cuma bilang “Sorry....”
          Sebenernya kita pengen ketawa ngakak waktu kita, maksud temenku itu cuma bercanda, tapi malah ditanggapi serius sama mas Yomi, yaudah deh terlanjur, tanggung banget kalo minta maaf, akhirnya terusin aja sekalian, hehe... maafkan kami mas... :p
            Setelah pemberian materi dan tanya jawab selesai, harusnya kami langsung pamit, soalnya kami mesti ke TransTV bareng rombongan PR untuk shooting Missing Lyrics. Tapi kami masih tertahan disana, kami jadi peserta uji coba produk teh baru. Setengah jam kemudian kami baru selesai. Alhasil, kami ditinggal sama romobongan PR di TransTV, kami jadi nggak bisa ikut shooting! Sepanjang jalan pulang dari Matari kami mutung, jengkel, marah-marah terus, rasanya dendam terus sama rombongan PR. Akhirnya sama pak supirnya kita diajak muter-muter, kayak anak kecil kita jadinya, diajak muter-muter biar gak nangis.
          Eh, ternyata pak supir setelah ngajak muter-muter kita diberhentiin di TransTV juga. Sampai di TransTV kita cuma foto-foto doank di kolam. Lah gimana lagi? Nggak mungkin kita bisa masuk. Akhirnya setelah dosenku negosiasi sama pihak Trans, kita bisa ikut siaran langsung Bukan Empat Mata jam 22.00 sampai jam 00.00. Okelah kalo begitu, daripada kita datang ke Trans dengan sia-sia mending ikut aja siaran live Tukul.
           Kita sampai Trans dari jam 17.00 dan mesti nunggu sampai jam 22.00. Bosen banget! Sampai akhirnya masuk waktu maghrib kita cepet-cepet sholat dan setelah itu kita makan malam di parkiran Trans, yang lokasinya harus nyebrang jalan raya dulu. Gila! susah banget nyebrang di jalan Jakarta, macet, nggak ada yang mau ngalah buat berhenti sebentar mempersilakan pejalan kaki buat nyebrang, ckckck...
         Baru kira-kira jam 21.00 setelah makan malam kita menuju Trans lagi bareng-bareng rombongan advert, untuk rombongan PR mereka nggak shooting lagi, jadi setelah makan siang mareka balik ke penginapan buat istirahat. Ini giliran kita, giliran advertising beraksi didepan penonton Trans7, huahahaha...
Kirain jam 21.00 kita udah bisa masuk studio, ternyata kita masih nunggu lagi sampai jam 22.00, nunggu di pinggir kolam Trans, duduk rapi berjejer pake jas almamater ijo-ijo, kita lebih mirip tanaman yang disengaja ditanam di pinggir kolam...
         Baru kira-kira jam 22.00 kita digiring masuk studio dan melalui pengecekan yang ketat, tas digeledah dan petugas menyita makanan dan minuman yang dibawa pengunjung. Antisipasi ada pengunjung yang piknik didalam studio. Air mineral dan Tango-ku diambil, huuuwaaaa... padahal itu snack bukan buat dimakan di studio kok, buat bekal perjalanan pulang ke Jogja soalnya dari kemarin aku pengen banget makan tango sambil minum susu cokelat indomilk kemasan, sial...
        Setelah pengarahan yang dikasih sama krunya, jam 22.30 kita mulai shooting live Tukul. Penontonnya banyak banget, panggungnya serem, kerasa ringkih, kalo gerak dikit kerasa goyang-goyang, tegang, horor ngerasain bangku yang kita dudukin.
         Kru Bukan Empat Mata dan Tukul-nya sendiri sempet bilang kalo muka kita kumel-kumel, kerasa nggak ceria, keliatan banget kalo kita kecapekan. Iyalah, kecapekan nunggu dari siang sampe malem, belum itungan mutungnya, dari siang muka kita ditekuk terus, gara-gara mutung nggak bisa ikutan shooting dan ditinggal di Matari. Muka kita dibandingin sama penonton yang lain, jaaaauuuuhhh.... Penonton/rombongan yang lain mukanya seger-seger, full makeup, rapi-rapi jali, kliatan banget kalo udah niat masuk TV malam itu, wangi-wangi lagi. Beeeuuuuh, rombongan kita malah kliatan banget kalo abis nyangkul di sawah!
        Akhirnya karena tuntutan skenario dengan berat hati kita pasang tampang se-cool mungkin, walau kalo dilihat tetep aja muka kita kayak orang nggak mandi seharian! Emang bener, kita belum mandi setelah full kegiatan seharian, jadi wajar muka kita kayak cucian seminggu!
         OMG! Ternyata nonton Tukul di studio secara langsung, garingnya minta ampun! Kita maksa banget buat ketawa padahal lelucon yang ada itu udah lelucon jadul, yang ada malah hawa ngantuk yang bikin mata merem-melek, aku beberapa kali menguap, untung pas iklan...
        Mungkin itu juga dialami beberapa temenku, mereka kliatan bosen banget. Sampai krunya nyuruh rombongan kita buat senyum terus-terusan, “Ayo, mahasiswa UIN Jogja, senyumnya mana? Senyum donk!” aku jadi kasihan sama krunya, maaf ya mas kalo rating acara Bukan Empat Mata turun gara-gara kita, hiks..hiks...
         Setelah selesai shooting, kira-kira jam 00.00 kami segera menuju parkiran, naik bus trus pulang ke penginapan, tidurrrrr....

Esoknya, tanggal 21 Januari 2010, jam 05.00 kami harus bersiap-siap untuk mandi, sholat, dandan, dan packing soalnya itu hari terakhir kami di Jakarta. Jam 07.00 kami sarapan pagi, menu sarapan pagi itu adalah menu favoritku, jadi aku bisa ngambil nasi lebih banyak dari biasanya. Ada soto, ayam goreng, dan perkedel! Mangstab!
            Setelah sarapan kami foto-foto (lagi) dulu di lobi wisma bareng dosen dan temen-temen buat kenang-kenangan. Baru deh jam 08.00 kami melanjutkan perjalanan. Kunjungan hari itu adalah ke Fisip UI (Universitas Indonesia).
            Beberapa hari sebelum ke UI aku udah punya janji ketemu temen sesama volunteer Pinasthika yang kebetulan kuliah di UI. Tapi ternyata dia nggak bisa soalnya mesti ngurus sesuatu dulu di Senayan, dan baru bisa ke kampus jam 14.00, padahl jam segitu kita udah balik dari UI, sayang banget...
Sampai di UI kira-kira jam 09.00 segera menuju ke ruang yang udah disediakan panitia dari UI, kirain ruang teaterikal kayak di UIN ternyata ruang kuliah, keren banget ruang kelasnya. Dengan kursi busa warna orange, papan whiteboard yang besar disinari lampu, full AC, pokoknya keren lah....
            Setelah perkenalan macem-macem, akhirnya kita diajak keliling fisip, ada kantin korea, cafe, book store, koperasi, teater kolam, gedung kantor dosen yang isinya keren tapi cenderung individualis.
Setelah selesai muter-muter fisip dan makan siang, kira-kira jam 12.00 kami segera berangkat lagi menuju Cibaduyut, Bandung! It’s time to shopping!!!
            Lama perjalanan ke Depok-Bandung selama 4 jam diisi dengan karaokean di dalam bus! Lagu dangdut koplo, ST 12, Wali, Peterpan terus-terusan diputer didalam bis, dosennya yang paling bersemangat untuk karaokean, gokil...
             Karena kami lewat jalan tol Padalarang, pamandangannya luar biasa keren, soalnya pemadangan kanan kiri kami penuh dengan kebun teh, kami nggak bosen liatnya. Tiba-tiba lagi tenang-tenangnya liat pemandangan, ada salah stau temenku, cowok, yang tiba-tiba minta tas kresek, dikirain ada yang mabuk langsung aja dengan cepet petugas P3K ngasih kresek ke tuh anak.
               Aku penasaran juga, aku liatin aja tuh anak sampai balik ke belakang. Tiba-tiba ada yang bilang, “eh, nek nganggo iki bocor ora?” sambil buka tas kresek itu trus diliat-liat.
Iiih...jijay! Ternyata tuh kresek buat tempat pipis! Berhubung dijalan tol nggak ada SPBU, dengan terpaksa tuh anak pipis di tas kresek, ah tetep aja nggilani... seisi bus pada ngakak liatin tuh anak, ada yang ngasih usulan pake pembalut, masukin ke botol atau apalah...bener-bener seisi bus dibuat heboh gara-gara tragedi tol: pipis on kresek!
             Sampai Bandung 4 jam kemudian, jam 16.00 kami sampai disana. Setelah sholat dzuhur dan ashar yang dijamak, kami diberi waktu sampai jam 20.00 untuk belanja sepuasnya! I like it...!
Tanpa ba-bi-bu, aku ambil dompet langsung lari keluar jalan-jalan sepanjang Cibaduyut liat sana liat sini, barang-barang disini murah-murah. Ada sepatu, sandal, baju, tas, celana, makanan, peyeum so pasti ada!
Dengan tenaga kuda, aku langsung cari-cari sweater yang dari dulu aku pengenin, harga awalnya Rp 45.000,- tapi berkat bantuan temen yang bisa bahasa sunda, dia yang bantu nawarin ke pedagangnya dapet Rp 30.000,-. Sebenarnya itu harga masih bisa kurang, tapi pedagangnya nggak mau nurunin harga lagi sih. Nggak apa-apalah, hehe.. lumayan...
           Barang kedua yang aku beli adalah tas! Tas-nya mau aku beliin buat Ibu, harga pertamanya Rp 40.000,-. Aku bilang itu tas buat ibuku, eh pedagangnya langsung kasih tas yang punya motif yang cantik dan pas banget buat ibu-ibu dan dalam sekejap si ibu pedagangnya banting harga tasnya jadi Rp 20.000,-! Baek banget ibu-ibu pedagangnya, nyesel deh cuma beli satu, padahal aku juga pengen...
              Barang ketiga yang aku beli adalah gantungan kunci boneka kodok yang harganya cuma Rp 2.500,-. Aku beli dua, sama-sama kodok tapi warnanya beda, satu buatku dan yang satu lagi aku beliin buat masku.
Barang keempat yang aku beli adalah oleh-oleh makanan, aku beli peyeum dua keranjang, yang satu buat masku dan yang satu lagi buat simbahku, keripik tempe satu bungkus, sale pisang dua bungkus, dan dodol sekilo. Sebenarnya waktu itu kakaknya masku titip bolen pisang keju, tapi aku cari kemana-mana nggak ada, tanya sama pedagang makanan juga mereka nggak ngerti. Ternyata kue bolen adanya Cuma di kota Bandungnya, bukan di Cibaduyut, kan Cibaduyut isinya cuma toko kerajinan kayak tas, sepatu, dan boneka...
Karena barang bawaanku udah banyak dan berat banget, aku langsung balik lagi ke parkiran bus buat naruh barang belanjaan. Tapi ternyata oh ternyata aku udah jalan jauh banget, capek banget balik ke parkiran dengan barang belanjaan menggunung di tangan kanan dan kiriku.
          Dasar emang cewek! Walaupun udah belanja barang banyak benget, tetep aja masih pengen belanja lagi! Setelah naruh barang belanjaan di bus, kondisi kaki masih kuat dan waktu masih cukup buat jalan-jalan, aku shopping lagi! Hehe..
          Barang kelima yang aku pengen beli adalah sandal. Masalahnya aku emang nggak punya sandal buat pergi kemana-mana, yang ada sandal jepit itupun udah jebol, dijebolin adikku. Lokasi tokonya nggak jauh dari parkiran bus, setelah masuk toko aku liat-liat sandal ini itu yang harganya emang murah sama kayak di Jogja, sekitaran antara Rp 25.000- ratusan ribu, bedanya disini lebih banyak pilihannya. Nggak lama aku cari-cari, aku langsung jatuh hati sama sandal Rp 35.000,- berhak tebal berwarna hitam. Nggak tahu kenapa kok bisa suka sama sandal berhak, padahal biasanya anti banget sama sandal berhak biasanya yang dicari sandal yang trepes-trepes, mungkin feminimnya udah keluar dikit-dikit kali’ ya? Tapi sekarang mikir juga, aku yang udah kayak tiang bendera mau pake sandal berhak, yang bener aja...bentuknya kayak gimana ntar...tinggi menjulang, kutilang...
           Setelah itu aku jalan-jalan cari batagor, eh malah nggak ada yang jual batagor, yang ada siomay. Nggak jadi beli aja deh!
           Baru deh kira-kira jam 20.00 kami harus segera berangkat lagi melanjutkan perjalanan pulang ke Jogja, lagipula jam segitu toko-toko di Cibaduyut udah pada tutup.
           Perjalanan pulang dari Cibaduyut tenaga kami serasa nggak ada habisnya, dengan semangat 45 kami masih aja bisa karaokean didalam bisa, nyanyi lagunya ST 12, Wali, Peterpan, marai ngakak!
Sempet-sempetnya juga pak supir beli CD karaokean album Wali yang terbaru plus dangdut koplo yang ternyata video klipnya isinya penyanyi dangdut yang jogetnya, masya Allah.. marai ngakak! Buka sithik, jooss!! Huahahahaha....
           Sampai dua kali putar CD ST 12 yang diulang-ulang kami masih karaokean, tapi setelahnya kami tepar..tidur di bus dengan nyenyaknya...
          Nggak kerasa jam 04.00 kami udah sampai di Kebumen, kami berhenti didepan Masjid Agung Kebumen untuk nunggu subuh. Tenyata disamping Masjid ada rumahnya Pak Mahfudz, dosen pembimbing di busku. Jadi setelah subuhan kami ngeteh dulu dirumahnya Pak Mahfudz. Sedaaaaap....
           Karena kita mampir-mampir dulu, yang seharusnya jam 06.00 udah sampai kampus ternyata molor, baru deh jam 07.30 kami sampai di Jogja tercinta! Alhamdulillah...

berhubung banyak fans yg minta fotonya dipajang.. nih aku kasih, ada kuisnya lho!
pertanyaannnya: dimanakah saya??
hadiahnya: ucapan selamat dan tepuk tangan!

cekidot!

@wisma mahasiswa kuningan

@UI, sama kenalan disana. mba'Indah namanya :)