Selasa, 06 April 2010

[SHARE] Hati-Hati Buat Sista-Sista!!!


Buat sista semua hati-hati kalo punya rumah jauh dan mesti pulang sendirian! banyak orang jahat yang ada disekitar kita, dan kebanyakan penjahat itu cowok! (sorry, bukan mau nyalahin kalo semua cowok itu panjahat! tapi kan KEBANYAKAN pelakunya cowok?!)

Ini ceritaku...



Dari dulu rumahku jauh, selalu lebih dari 13KM untuk menempuh perjalanan ke sekolah atau ke kampus, nggak tau kenapa orangtuaku selalu memilih lokasi tempat tinggal selalu yang teramat jaaaaauuuhh.. baik dari akses infomasi dan akses transportasi. Alhasil aku selalu pulang dengan naik kendaraan umum sampai berkali-kali, yang paling merepotkan adalah saat aku tinggal di Jl. Kaliurang KM13, Besi. Waktu itu aku masih SMP, dan aku bersekolah di SMP MOEHI yang lokasinya ada di Purwodiningratan, dekat Pos besar. Bayangkan, setiap hari, setiap pulang sekolah, aku selalu pulang ganti kendaraan umum sampai 3x!

Pertama, dari depan SMP naik jalur 12 atau jalur 17. Jalur 12 turun di selokan mataram Jakal, kalo jalur 17 turun di jembatan Gondolayu, lalu berjalan sebentar ke pasar Terban untuk naik colt Jogja-Kaliurang (waktu itu pasar Terban masih dijadikan terminal). Setelah naik jalur Jogja-Kaliurang, aku turun di Besi, perjalanan pulang ke Jakal menghabiskan waktu sampai 45 menit! Diperjalanan biasanya sih aku lebih suka tidur, lumayan banget 45 menit untuk tidur apalagi setelah pulang sekolah, hhmm..nikmaaaat banget...! 

Kalau ditanya pernah kebablasan nggak waktu tidur di colt, hmm..pernah laah..kebablasan sampe UII! Yah, karena kondisi waktu itu emang capek banget! Nggak kerasa kalo kebabalasan, saking keenakan tidur di bus. Tau sendirilah gimana nasib anak sekolah jaman sekarang, full kegiatan! fiiuuh...

Eits, perjalanan nggak berakhir sampai disitu doank! masih ada satu kendaraan umum yang harus aku tumpangi, yaitu "colt tuyul". "Colt tuyul" itu bus kecil yang warnanya kuning dan emang bentuknya kecil. Bisa dibilang angkutan antar desa aja. Kalau naik isi sih cuma 10 menit nyampe..

Nyampe rumah??

Wait! bukan nyampe rumah lho! tapi nyampe jalan masuk ke lokasi perumahan tempat aku tinggal, setelah turun dari "colt tuyul" itu perjuanganku masih belum selesai, aku mesti jalan kira-kira 1 km lagi untuk sampai ke rumah! Kalo dikalkulasikan waktu perjalanan pulang itu membutuhkan kira-kira 2 jam perjalanan! Bussseeet daaah...parah amat yak? Kalo ditulis gini kesannya lebay banget! Tapi, ini bener-bener terjadi, dan kayaknya aku dah biasa deh berkegiatan seperti itu.. Makanya kakiku pothok, kuat buat jalan jauh, karena udah dilatih dan ditempa bertahun-tahun melalui dunia perjalanan! :P

Dan karena itu, aku dulu waktu SMP terkenal dengan Nita si tukang telat! haha.. (bangga mode on)

Lho? kok malah ngelantur? OK, jadi gini aku mau share sama sista (cewek-cewek) yang punya rumah jauh dan mesti pulang sendirian!

Dengan rumahku yang far-far away itu, aku punya beberapa pengalaman ketemu dan dijahatin sama penjahat!

Pengalaman pertama kali ketemu penjahat aka copet waktu aku masih SMP, siang itu aku pulang sekolah naik bus jalur 17, sendirian. Kondisi bus itu penuh sesak, akhirnya aku cuma berdiri aja, kejadian terjadi! Aku pakai tas ransel dan posisinya nggak dipindah didepan, tiba-tiba ada anak SMP lain (kalo gak salah anak-anak SMP MUGA) nowel-nowel tanganku, aku nengok ke arah dia, ternyata dia nunjuk mas-mas yang duduk dibelakangku.

Lho? setelah aku lihat, mas-mas itu ternyata lagi nyembunyiin dompetku di balik topinya! COPET!! Daripada teriak, mending aku pelototin tu orang, WOI LU DAH KETAUAN NGAMBIL DOMPET GUE!!! eh akhirnya dompetku dibalikin! Ya Allooh..deg-degan banget waktu itu, kalo dompetku gak balik aku bayar bus pake apa?? aku pulangnya gimana?? Aku makasih banget sama temen-temen dari MUGA yang udah ngasih tahu aku kalo dibelakangku ada copet. Ternyata, copetnya ada dua orang, dan aku yakin mereka mabuk! Solanya mata mereka merah dan jalannya sempoyongan...

Pengalaman yang kedua, waktu SMP juga, kalo ini waktu aku naik jalur 12. Pulang sekolah siang-siang, naik bus jalur 12 kondisi bus waktu itu sih nggak penuh-penuh amat, lumayanlah ada beberapa kursi yang kosong, aku duduk di dekat pintu masuk depan. Trus berurutan ada penumpang cowok-cowok sekitar lima orang naik ke bus. Dandanannya necis-necis kayak anak kuliahan dan orang kerja. Salah satunya ada yang duduk di sampingku. Tapi lama-kelamaan kok ni orang duduknya mepet-mepet? Aku cuma batin aja, JANGAN-JANGAN COPET?! waduh, HPku ada dikantung kanan, tepat di copet itu duduk. Aku tetep keukeuh duduk dan gak mau geser, dia masih aja mepet-mepet! Aku bilang ma tuh copet, "Mas, ra mepet-mepet! Wis mentok!", akhirnya dia geser juga. Sumpah! Deg-degan banget waktu itu...

Nah, akhirnya sampe di depan SMPN 14 banyak anak rombongan SMP naik bus itu, akhirnya copet yang disebelahku berdiri mempersilakan salah satu anak SMP 14 duduk disampingku. Tiba-tiba ada cewek SMP 14 yang marah-marah sama copet yang duduk disampingku tadi, dia bilang,

"Heh! mas copet to?! emange aku nggak kerasa tangannya mas masuk ke saku?! Mau ngambil dompet to?!"

Si copet cuma "ah, nggak kok.. "

Buseet dah kliatan banget kalo kikuk!

Akhirnya banyak penumpang yang turun dan tinggal aku dan mbak-mbak yang tinggal di bus bersama lima orang copet lainnya! Panas dingiin rasanya..

Baru deh sampe Mirota Campus aku turun sama mbak-mbaknya yang ternyata juga tahu kalo lima orang itu semua copet! Akhirnya, aku naik bus lain lagi yang moga-moga aman dari copet lain..

Kejadian selanjutnya, kira-kira kalo nggak salah waktu aku kelas 3 SMA. Kejadiannya pada malam hari, sekitar jam 19.30, aku pulang malem gara-gara ada les tambahan malam hari disalah satu lembaga bimbingan belajar. Kalo ini aku udah pindah rumah, nggak lagi di Jakal, tapi di Prambanan (lagi-lagi rumahku far-far away). Pulang les malem, naik Trans Jogja dan turun di Shelter Kalasan. Minta jemput bapak, katanya suruh jalan aja dulu ntar biar ketemu dijalan. Pikirku "busset dah, tega amat anak ceweknya suruh jalan malem gelap-gelap gini!". Huh..rada kesel juga sih, akhirnya aku nurut aja suruh jalan sendirian malem-malem gelap! Baru tengah-tengah jalan, tiba-tiba dari belakang aku ngerasa ada yang ngikutin naik sepeda motor, aku takut banget! masalahnya jalannya gelap! Aku percepat langkahku eh aku malah dipepet, ternyata cowok...jeeeleeek buanget!!

Dia bilang gini, "ayo mbak bareng aja pulangnya. Aku anter pulang kerumah. Rumahnya mana?"

Aku jawab, "maaf mas, udah ada yang jemput..."

Eh dianya masih aja ngikutin. Untungnya setelah itu bapak jemput naik motor, trus tu orang langsung ngacir pergi! Setelah itu aku cerita ma ortu dan aku bilang nggak mau lagi jalan kaki keluar dari shelter malem2!

Kejadian terakhir, hari ini baru aja terjadi. Siang tadi pulang kuliah, karena nggak ada yang jemput aku pulang naik sepeda, hampir sampai pertigaan rumah aku mau belok, ada orang, cowok naik sepeda motor, pake kaus katung item, pake topi nggak pake helm, sepeda motor legenda yang udah dipreteli dan diceperi, mepet aku dari samping kanan, aku jadi nggak bisa belok! Terpaksa aku berhenti dipinggir jalan, baru deh tu orang pergi pake ngeliatin aku segala dengan tampang mesum!! ANJ*** tuh orang! Begonya lagi kok ya aku nggak liat plat nomernya?!!

Huh..sebenarnya masih banyak cerita lainnya yang sepertinya terlalu sadis untuk diceritakan..

Buat sista semua yang jelas, hati-hati kalo pulang sendirian, malah kalo bisa sih lebih baik dijemput sodara atau pacar biar lebih aman, Cuma sayangnya aku juga lebih sering pulang sendirian kok dibanding dijemput. Dan kalo perlu bawa celurit/pisau lipat dimana-mana! :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar