Kamis, 01 Oktober 2015

Dadi Manten: Administrasi dan Imunisasi Caten

HULLA~


Yang namanya mau nikah pasti ada beberapa syarat yang harus dilengkapi dong ya! Minggu kemarin aku mulai nyicil ngurus administrasi syarat-syarat nikah.

Administrasi Kelurahan
Pertama, datang ke rumah Pak RT untuk minta surat pengantar akan menikah. Biaya administrasinya? Sukarela.

Selanjutnya, setelah dapet surat pengantar dari Pak RT berlanjut ketemu Pak RW. Jangan lupa sebelumnya foto copy KTP dan C1/KK untuk dicek sama Pak RW. Biaya administrasinya? Sukarela juga.

Setelah dapet surat pengantar dari RT dan RW, langkah selanjutnya adalah ke kelurahan. Sampai di kelurahan, petugas minta beberapa syarat: surat pengantar untuk menikah dari pihak calon mempelai pria, foto copy KTP caten putra-putri, akte kelahiran caten putra-putri, foto copy KK caten putra-putri, dan foto 3x4 untuk caten pria 1 lembar dan caten putri 2 lembar.

Sebenernya ngurus di kelurahan nggak lama kok, setelah semua berkas dikumpulin, petugas menuliskan N1, N2, N3, dll dari semua berkas yang kita kumpulin tadi. Terakhir tanda tangan Pak Lurah dan cap dari kelurahan. Tapi karena kemarin aku datang pagi dan Pak Lurah belum datang akhirnya berkas ditinggal dulu buat diambil besoknya. Eh, lha kok besok paginya pas mau aku ambil malah ada data yang salah dan harus nunggu tanda tangan Pak Lurah lagi.  Yaaah, akhirnya ditinggal lagi deh.  Lhaaaa... besoknya mau aku ambil malah petugasnya belum datang katanya ada upacara.  Huft! Kalo nunggu petugasnya dateng keburu aku yang telat masuk kerja. Akhirnya aku titipin Ibuku buat ambil berkas di kelurahan. Fyuuh...

Seharusnya sehari aja bisa kelar semua nih, tapi ada halangan mulu jadi 3 hari baru kelar *tepok jidat*


Setelah urusan administrasi kelurahan udah kelar, saatnya tes kesehatan caten!


Tes Kesehatan Caten dan Imunisasi TT Caten
Senin pagi, 21 September 2015 sebelum berangkat kerja, aku sempetin mruput ke puskesmas terdekat untuk tes kesehatan dan imunisasi caten. Kirain dateng pagi bakal sepi dan nggak antre, eh ternyata di puskesmas udah rameee bangett, antre bok! Hari Senin pagi ternyata banyak orang sakit padahal loket belum buka lho! Ckck...

Setelah ambil nomor antrean dan nunggu sekian lama, akhirnya tiba juga giliranku.

Petugas loket nanyain keperluanku apa, aku jawab imunisasi caten. Ternyata imunisasi caten bayar Rp 20.000, kirain gratis pake BPJS. Wahahahaaaa...

Tahapan cek kesehatan dan imunisasi TT Caten adalah cek lab dulu.

Seperti biasa, ada petugas lab yang menanyakan keperluan dan nyocokin berkas pendaftaran untuk TT Caten.

Petugas yang menangani di lab Puskesmas Gondokusuman udah bapak-bapak, orangnya ramah, nggak segan ngasih informasi seputar golongan darah, dan baca testpack!

Pertama cek golongan darah dan rhesus, cek HB, dan tes kehamilan.

Cek golongan darah, resus, dan HB dengan cara ujung jari ditusuk jarum dan dipencet-pencet untuk diambil sample darahnya. Aku mencoba untuk tegar tapi tetap gemetaaaaar~ Aaaaaakkk~



Sambil nyengir nggak karuan karena senut-senut, bapak petugas nanyain ke aku "Udah hamil belum?" Duweeerr! Ya aku jawab belumlah, ini baru mau nikah. Akhirnya aku disuruh tes urin untuk di test kehamilan pake testpack! Aku seumur-umur baru sekali liat dan megang testpack waktu itu, ajaib yo rasane, hahaaaa..

Sambil ngobrol ngalor-ngidul sama si Bapak Petugas lab, hasil labku keluar juga. Golongan darah O resus positif, dan HB ku 14. Alhamdulillah sehat, normal.

Selesai tes lab, aku disuruh datang ke ruang Konsultasi Psikologi di lantai 2 Puskesmas.

Disana, disebuah ruangan  ada mbak-mbak psikolog yang siap "ngetes" kejiwaan kita, nggak cuma jasmani aja tuh yang dites, tapi kejiwaanmu juga lhoo~

Si Mbak Psikolog agak kaget juga kok aku datang sendiri, mana pasangannya????? Sedang mencari sebongkah berlian di kota orang mbak.... LDR mbaaakkk! Aku LDR!!!



Nah, di sesi ini mbak Psikolog menanyakan soal bagaimana awal bertemu, gimana menjalani masa perkenalan-pacaran hingga akhirnya memutuskan untuk menikah. Selain itu ngobrolin soal problem solving dalam rumah tangga. Yah, kayak sharing season gitu deh.

Sesungguhnya, aku sedih nggak ada mamas cami ikut sesi ini....

Ah, sudahlah mau gimana lagiiiii??!

Setelah sharing season selesai, lanjut suntik imunisasi TT caten!

Disuntik lhoooo iki, disuntik! Suntik tidak semengerikan seperti yang aku bayangkan lho pemirsa, ciyus. Waktu disuntik sih nggak sakit, nggak kerasa tau-tau udah selesai aja gitu.

Tapiiiiii...... rasa sakit dan kemengnya baru muncul beberapa menit setelah disuntik! Sekujur lengan kaku sekaligus ngilu, kesenggol dikit aja rasane masya Allah, nggak karu-karuan... dan itu berlangsung selama 3 hari!

Abis suntik lanjut cek BB (Berat Badan), TB (Tingi Badan) dan tekanan darah. Alhamdulillah untuk tekanan darah normal, tapi aku sadar kok aku terlalu kurus, jadi yaa dimana-mana sama aja sarannya: makan yang banyak dan bergizi! Padahal perawakannku yowes semene ket biyen. Hish!

Okey, selesai suntik tinggal nunggu obat aja, untuk caten disiapkan vitamin asam amino sejumlah 30 butir. Kata apotekernya berguna untuk menyiapkan dan menguatkan rahim ketika ingin merencanakan kehamilan nanti.

Dan yang terakhir adalah nge-cap-in kartu TT yang wajib disimpan dan surat keterangan dokter.

Antri dari jam 7 pagi baru kelar jam 10an, whahaaa... lamaa bok! Ah, untung bos eyke baek, hahaaaa...

Fyuuh, Alhamdulillah urusan kesehatan caten selesai juga...

Next daftar KUA cuy!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar