Rabu, 26 Desember 2012

Bank Sampah



Sering denger pemilahan sampah kan? Antara sampah organik, sampah kertas, logam, kaca, dan plastik.
Nah, sekarang semua orang sedang menggalakkan program Go Green, salah satunya dengan cara menjalankan program Bank Sampah. Salah satu daerah yang gencar menggerakkan program Bank Sampah adalah di Kampung Kelurahan Terban, Kota Yogyakarta. Yak, disinilah aku tinggal.


Di kampung ini setiap rumah diwajibkan memilah-milah sampah. Baik sampah organik, sampah kertas, sampah logam, dan sampah kaca. Wajib dipisah-pisah!

wadah pemisahan sampah

sampahnya dipisah-pisah

Untuk sampah organik, biasanya tiap rumah bisa mengolahnya untuk dijadikan pupuk kompos, kalau sampah lainnya bisa ditabung di Bank Sampah!

Jadi gini caranya, contohnya dirumahku yaa..
Botol-botol plastik ditaruh disatu wadah sendiri dikumpulin, begitu juga sampah kertas (biasanya disebut duplex, termasuk kardus) ditaruh disatu wadah sendiri.

sampah plastik



sampah duplex

Setelah itu dibawa deh ke Bank Sampah “Berseri” yang ada RW 02 Kelurahan Terban Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Disana sampah yang kita bawa ditimbang dan dicatat dibuku tabungan. Disana ada petugas yang setiap hari berjaga mulai dari subuh sampai jam 9 pagi.

catatan tabungan sampah
Setelah itu kita dapet catatan kecil, hasil kita nabung sampah hari ini. Hasil kita nabung itu kita bisa dapet duit, seru kan? Semakin banyak kita nabung, semakin banyak juga hasil yang bisa diperoleh, selain itu kita bisa sedikit membantu pemilihan sampah dan membantu mengolahnya juga. 
 

Ditempatmu gimana??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar