Sabtu, 07 November 2015

Dadi Manten: Daftar KUA

Hulaaa~


Setelah kelar ngurus administrasi dan imunisasi caten di kelurahan dan puskesmas, saatnya mendatangi KUA.

Akhirnya ya, AKU KAU & KUA beneran! Wahahahaa......

Sebenarnya setelah lamaran bulan Februari kemarin, aku langsung datang ke KUA buat booking jam akad jam 08.00 WIB. Dan bulan Oktober ini tinggal apply syarat-syaratnya ke KUA.

Ada banyak syarat yang mesti dilengkapi. Repot nggak repot sih ngurus persyaratan KUA? Mau nikah semuanya harus dinikmati setiap prosesnya.

Kalau yang LDR kayak aku nih, mending kalian berdua ambil cuti 1-2 hari khusus untuk ngurus KUA, karena petugas biasanya minta tanda tangan caten dan wali caten putri! WAJIB!

Oh iya, perhatikan nama dan huruf abjad di akta kelahiran, KTP, C1, dan ijazah terakhir. Kalau ada yang salah biasanya petugas KUA minta dokumen-dokumen penunjang kebenaran data caten.

Fyuuh...

Eh bok! Ternyata nikah perlu melampirkan ijazah terakhir lhoooo...

Kirain nikah nggak perlu ijazah, wong di undanganku aja nggak nyantumin gelar akademik, tapi ternyata di KUA ditanyain gelar akademiknya apa? Fotokopi ijazahnya mana? Gitu...

Waktu pengumpulan berkas syarat-syarat nikah, sekalian ikut bimbingan pra nikah. Sekarang bimbingan pra nikah atau BP4 jadi wajib diikuti caten.

BP4-nya ngapain? Dengerin penjelasan dari petugas KUA tentang pernikahan, kewajiban, hak suami-isti, kesehatan suami-istri, dll. Hari itu cuma ada 2 pasang caten. Jadi berasa les privat.

Mungkin BP4 ini gunanya buat ngeliat seberapa siap para caten berumah tangga, dan wejangan-wejangan untuk menghadapi sebuah bahtera rumah tangga. Asik.

Nah, rencananya sih mau bayar KUA tu sekalian aja di bulan Oktober ini, tapi ternyata nggak boleh sama petugasnya. Harus dibayar di bulan berlangsungnya pernikahan. Berarti bayar-bayarannya pending bulan depan deh...

November
Setelah masuk bulan November, aku datengin KUA minta slip setoran BRI untuk membayar biaya nikah diluar kantor, sebesar Rp 600.000,-

Prosesnya cepet, setelah dikasih slip setoran dari KUA, langsung aja ke BRI terdekat untuk bayar. Setelah selesai melakukan pembayaran bukti pembayarannya diserahkan ke KUA lagi.

Oke siiip, urusan KUA done!

Sekarang makin deg-degan nunggu hari H, doakan saja lancar yaaaa... Amiiin....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar